Percobaan 2 Kondisi 16
Ubah button menjadi saklar SPST
2. Gambar Rangkaian Simulasi
[Kembali]
Percobaan 2 Kondisi 16
3. Listing Program [Kembali]
//MASTER
#define spst 2 //Deklarasi pin 2 untuk spst
void setup() //Semua kode dalam fungsi ini dieksekusi sekali
{
pinMode(spst,INPUT_PULLUP);
Serial.begin(9600); //Set baud rate 9600
}
void loop() //Semua kode dalam fungsi ini dieksekusi berulang
{
int nilai = digitalRead(spst); //ditekan
if(nilai == 0)
{
Serial.print("1");
}
else
{
Serial.print("2");
}
delay(200);
}
//SLAVE
#define led 12 //Deklarasi pin 12 untuk led
void setup() //Semua kode dalam fungsi ini dieksekusi sekali
{
pinMode(led, OUTPUT); //Deklarasi led sebagai output
Serial.begin(9600); //Set baud rate 9600
}
void loop() //Semua program dalam fungsi ini dieksekusi berulang
{
if (Serial.available() > 0)
{
int data = Serial.read();
if (data == '1') //Jika data yang dikirimkan berlogika
{
digitalWrite (led,HIGH);
}
else
{
digitalWrite(led, LOW); //led mati
}
}
}
Percobaan 2 Kondisi 16
Percobaan 2 Kondisi 16
Pada percobaan modul 3 terkait komunikasi ini, digunakan 2 buah arduino sebagai MASTER dan SLAVE untuk melakukan komunikasi, untuk inputannya sendiri menggunakan SPST, untuk outputannya sendiri digunakan 1 buah LED. Pada percobaan ini, menggunakan jenis komunikasi serial yaitu SPI, yang mana untuk SPI ini sendiri memiliki 4 buah pin, pada arduino uno pin 10, 11, 12, dan 13 merupakan pin SPI dengan pin 11 merupakan MOSI, pin 12 MISO, pin 13 SCK, dan pin-pin ini dihubungkan dengan pin yang sama. Untuk outputanya sendiri, LED dihubungkan ke pin 12, dan SPST dihubungkan ke pin 2.
Ketika SPST pada master tertutup maka akan memberikan inputan logika HIGH dan data dari master di kirimkan ke slave dan slave membaca perintah tersebut, sehingga LED-BLUE yang terhubung pada slave akan menyala atau ON.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar